Skip to main content

Tahukah Anda, 10 Pahlawan Nasional ini adalah juga Berprofesi sebagai Guru?

Hari ini bangsa Indonesia tengah memperingati hari pahlawan. Hari yang memang patut untuk terus digelorakan di tengah krisis karakter dan krisis kepemimpinan. Refleski gelora dan semangat perjuangan untuk mengusir penjajah dari tanah air, tentu dapat sedikit menghidupkan kembali dahaga akan role model bagi generasi millennial dan Gen-Z.

Tentu semangat hari pahlawan ini tidak harus dimaknai dengan senantiasa turun ke jalan, berbaris sembari memakai pakaian pahlawan dan menenteng senjata tiruan. Cukup kiranya momen ini dijadikan sebagai refleksi dan pemantik gairah untuk terus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif.

Berbicara tentang pahlawan, tentu yang tergambar adalah mereka yang dulu berjuang baik di medan perang maupun di jalur diplomasi, di antaranya: Presiden Soekarno, Jendral Soedirman, Ki Hadjar Dewantara, HOS Tjokoroaminoto, dll. Namun, siapa sangka ternyata ada beberapa pahlawan tanah air yang dulunya berprofesi sebagai pengajar. Dapat dikatakan, mereka adalah guru yang turun gunung untuk membantu kemerdekaan tanah air. Siapa saja sih pahlawan kemerdekaan yang pernah menjadi pengajar?

1.      Presiden Soekarno

Siapa sih yang tidak kenal dengan presiden Soekarno? Tentu, sebandel-bandel murid, pasti akan kenal dengan sosok Proklamator tanah air. Ternyata, presiden pertama di Indonesia ini, dulunya berprofesi sebagai pengajar. Bung Karno, pernah mengajar mata pelajaran sejarah di Sekolah Ksatirian, sekolah yang didirikan oleh Dr. Setiabudi (Dowes Deker) di Bandung. Selain di Bandung, Bung Karno juga pernah menjadi guru di Sekolah Rendah Agama milik Muhammadiyah, sewaktu beliau diasingkan di Bengkulu. Bahkan, beliau pernah diangkat sebagai ketua dewan pengajaran Muhammadiyah Bengkulu. Dapatkah Anda bayangkan betapa beruntungnya siswa yang diajar oleh seorang orator yang setiap kata-katanya dapat membangkitkan semangat juang? 

2.      Jendral Soedirman

Sebelum menjadi Jendral besar dan memimpin gerilya di tanah air. Jendral Soedirman, di masa mudanya pernah berkuliah pada jurusan keguruan, meskipun tidak selesai. Lalu pada tahun 1936, Raden Soedirman (begitu gelar beliau semasa muda) pernah bekerja sebagai guru dan bahkan diangkat menjadi kepala sekolah di sekolah dasar milik Muhammadiyah. Luar biasa bukan? Betapa bangganya Anda sebagai guru dan atau dosen, yang ternyata jendral tertinggi di tanah air ini dulunya berprofesi sebagai guru.

3.      HOS Cokroaminoto

Haji Oemar Said Tjokoroaminoto adalah seorang ulama yang berjasa dalam mendirikan Sarekat Islam (SI). Sarekat Islam mempunyai andil yang sangat besar dalam sejarah pergerakan dan organisasi di Nusantara saat itu. Berkat kepiawaian beliau dalam mengajar dan menginspirasi lahirlah murid-murid HOS Tokroaminoto yang kemudian menjadi tokoh nasional diantaranya: Soekarno, Kartosuwiryo, dan Tan Malaka. Tidak tanggung-tanggung, tokoh sekaliber Presiden Soekarno adalah murid beliau. Wow.

4.      Ki Hadjar Dewantara

Jika anda terjun sebagai pengamat atau praktisi pendidikan, tentu akan menajadikan sosok bernama asli Raden Mas Soewardi Suryaningrat sebagai salah satu model dan teladan. Betapa tidak, karena beliaulah sebagai Menteri Pendidikan pertama di Indonesia. Selain itu filsafat pemikiran beliau juga yang sampai saat ini tertulis pada logo kementrian pendidikan nasional “Tut Wuri Handayani.” Ia besama istri dan koleganya mendirikan sekolah, serta aktif membuat majalah yang menyuarakan pendidikan dan semangat untuk melawan praktek-praktek penjajahan.

5.      KH. Ahmad Dahlan

Kyai Haji Ahmad Dahlan adalah tokoh pergerakan, dan pendiri organisasi keagamaan Muhammadiyah yang banyak mewarnai pendidikan tanah air. Tokoh besar tanah air yang pernah menjadi muridnya adalah Ki Hadjar Dewantara dan Jendral Besar Soedirman. Hingga saat ini, sekolah-sekolah Muhammadiyah dari TK hingga perguruan Tinggi tersebar di seluruh tanah air.

6.      KH. Hasyim Asy’ari

Jika Ahmad Dahlan menjadi guru dan pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Hasyim Asy’ari adalah pahlawan nasional dan pendiri organisasi keagamaan terbesar di tanah air, Nahdlatul Ulama (NU). Maha Guru, atau Hadratusyeikh disematkan kepada KH. Hasyim Asy’ari atas jasanya melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Wahid hasyim dan Gusdur, serta jasanya dalam pendidikan pesantren, salah satu lembaga pendidikan terbesar dan tertua di tanah air.

7.      RA. Kartini

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang setiap tanggal 21 April selalu dijadikan sebagai hari untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam memperjaungkan hak-jak perempuan. Selain sebagai tokoh emansipasi yang penuh inspirasi, RA Kartini adalah seorang guru yang mendirikan sekolah di Rembang. Sekolah yang dikhususkan untuk para wanita dan ibu rumah tangga ini tentu sangat penting, karena pada saat itu pendidikan lebih diutamakan pada kaum laki-laki.

8.      Dewi Sartika

Selain Kartini, Indonesia juga dianugerahi Dewi Sartika yang sangat concern dalam membela dan memperjuangkan hak-hak perempuan. Seperti halnya Kartini, Dewi Sartika juga mendirikan Sekolah Istri (yang diperuntukkan kaum perempuan, dan emak-emak) yang masih dipandang sebelah mata di masa penajajahan. Sekolah ini tentu banyak menginsipirasi kaum perempuan untuk tidak hanya berdiam diri di rumah, namun untuk terus membekali diri dengan pegetahuan dan keterampilan yang nantinya akan berguna untuk diri mereka sendiri, keluarga, masyarakat, negara, bahkan dunia.

9.      Tan Malaka

Tokoh fenomenal dan kontrovesial ini pernah disematkan kepadanya sebagai seorang Marxist, komunis, dan sebagai oposisi pemerintah Soekarno. Namun meski sebagai oposisi, pemerintah Soekarno menganugerahkan gelar pahlawan kepadanya. Namun siapa sangka sosok fenomenal ini adalah sebenarnya berprofesi sebagai guru. Bahkan ketika beliau kuliah di Belanda, ia mengambil jurusan keguruan. Setelah pulang kembali ke Sumatera Barat pun, ia kemudian bekerja sebagai guru di sekolah Belanda dan mengajar para anak buruh. Namun, meski sebagai guru, lantas tidak menghalanginya untuk ikut serta dalam upaya kemerdekaan republik Indonesia. Ia aktif menulis dan mengkritisi segala bentuk penjajahan, diskriminasi, dan penindasan. Ia juga sering berdiskusi dengan tokoh-tokoh pergerakan Indonesia seperti HOS Tjokroaminoto (guru beliau) dan KH. Agus Salim.

10.   Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah sosok yang selalu disandingkan dengan presiden Soekarno. Bandara Internasional yang berada di Banten, dan menjadi jantung transportasi udara diberi nama Soekarno-Hatta. Selain sebagai wakil presiden pertama di Tanah Air, Mohammad Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Ide-ide beliau tentang koperasi dan perekonomian hingga kini masih dijadikan sebagai rujukan bagi para ekonom di tanah air. Ternyata, meski fokus pada ekonomi dan pergerakan kemerdekaan, Mohammad Hatta juga tidak pelit dalam berbagi ilmu. Pada saat ia diasingkan oleh Belanda di Banda Neira, Maluku, ia menjadikan tempat persinggahannya sebagai tempat untuk mengajar para pemuda di sana. Setelah kemerdekaanpun, Mohammad Hatta masih akftif mengajar sebagai dosen. Bahkan, Jusuf Kalla, yang juga mantan Wakil Presiden RI pernah menjadi asisten dosen Mohammad Hatta. Wah keren ya?

Luar biasa bukan, ternyata pahlawan Indonesia bukan hanya mahir dalam mengangkat senjata dan berdiplomasi, namun ternyata dibalik kemahiran tersebut mereka dulu adalah sebagai tokoh pengajar dan pendidik yang mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional baru. Ternyata, menjadi seorang pengajar tidak lantas membatasi jiwa pemberontakan pada setiap praktek penindasan, penjajahan, dan ketidakadilan yang ada di depan mata saat itu.

Selamat hari pahlawan, 10 November 2020. Apapun profesi kita, mari kita teladani para pahlawan yang dengan kekurangan dan kelebihannya berjuang untuk membuat NKRI merdeka seperti saat ini.

 

Disarikan dari berbagai sumber: liputan6.com, viva.co.id, idntimes, wartakota, dan Wikipedia.

Comments

Popular posts from this blog

Sampling

This slides provide you:  1. the definition of sampling  2. sampling frame 3. determining the size of your sample  4. sampling procedure (Probability and non-probability)  Please follow/download the link for the Power Point Slides

Jadwal UTBK 2020 & SBMPTN Terbaru: Pendaftaran Juni, Tes Bulan Juli

Ilustrasi UTBK. FOTO/Istockphoto tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 tetap akan dilaksanakan meski jadwalnya diubah karena dampak pandemi corona (Covid-19).  Hal ini diketahui dari penerbitan surat edaran resmi LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang terbita pada Senin, 6 April 2020.  Melalui surat edaran resmi tersebut, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengumumkan jadwal pelaksanaan UTBK 2020 resmi berubah. Jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 juga berubah. Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020.  Adapun jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 yang terbaru adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020 2. Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020 3. Pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.   Menurut Nasih, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan

Cerita Horor: Sumur Tua SMANDALAS (5)

Cerita Sebelumnya  Sumur Tua SMANDALAS (1)   Sumur Tua SMANDALAS (2) Sumur Tua SMANDALAS (3) Sumur Tua SMANDALAS (4) Matahari seakan enggan terbit di atas langit SMANDELAS. Awan seolah terlihat muram. Suara burung yang biasa berkicau di pepohonan depan kelas, kini seolah menghilang. Hening, hanya rekaman bel pertanda pergantian jam pelajaran yang selalu memecah kesunyian. Lima hari berlalu. Jamal belum diketemukan. Polisi belum juga mendapatkan klue. Sekolah telah berusaha mencari keberadaan Jamal, siang dan malam. Seluruh warga sekolah digerakkan. Tapi belum juga membuahkan hasil yang signifikan. Diko, Rudi, Riko, dan Juno seolah tak lagi mendapat kepercayaan. Setelah kejadian pencarian Jamal di sumur, mereka berempat tak pernah lagi diajak bertukar fikiran untuk mencari keberadaan Jamal. Terkahir kalinya, mereka dimintai keterangan oleh pihak Polres Batanghari. Setelah itu, mereka ditinggalkan.   Namun, Diko malah termotivasi untuk membuktikan bahwa ada