Skip to main content

Tips TOEFL iBT untuk yang Mau Tes Minggu Depan. OLEH: AIDILA PRADINI

(Berikut adalah tips menarik untuk mengikuti TEST TOEFL IBT, saya copy dan telah ijin kepada sang penulis, tulisan ini dapat dilihat di: http://aidillapradini.wordpress.com) SEMOGA BERMANFAAT YA.........

Agustus tahun lalu saya sudah ikut tes TOEFL iBT. Waktu itu semuanya serba mepet, waktunya mepet, duitnya mepet, sehingga saya nggak bisa les untuk persiapan tes. Saya cuma punya seminggu untuk persiapan.

Inilah beberapa tips persiapan TOEFL iBT dari saya, buat orang-orang yang cuma punya waktu seminggu, seperti saya dulu.

1. Gunakan buku latihan soal TOEFL iBT

Daripada belajar grammar dan menghapalkan vocabulary, lebih baik latihan soal. Tesnya minggu depan loh! Menurut saya, TOEFL iBT itu sangat mirip dengan SPMB/SNMPTN. Latihan soal adalah kunci sukses.

Buku latihan soal sangat penting supaya kita familiar dengan tipe-tipe soal yang akan keluar, terutama untuk bagian reading. Kita harus familiar dengan panjang artikel dalam soal dan tingkat kesulitannya. Saran saya, bacalah semua artikel pada buku untuk latihan reading, dan kerjakan soal-soalnya.

Oya, pilihlah buku yang menyediakan CD audio juga. Ini sangat penting untuk latihan listening. Menurut saya, listening adalah section yang paling butuh dilatih untuk TOEFL iBT. Topik listening selalu ilmiah dan sulit dicerna. Sang native speaker bicara dengan cepat. Kalau kita tidak pernah latihan, bahaya.

Jadi, gunakanlah buku latihan soal TOEFL iBT. Wajib. Harus. Kalau harga bukunya mahal, pinjamlah dari teman. Saya juga waktu itu pakai buku pinjaman kok. Hehe.

2. Simulasi, Simulasi, Simulasi

Buku saja tidak cukup. Kita butuh jam tangan. Atau timer. Time yourself. Simulasi dengan waktu sangat penting untuk membiasakan diri.

Yang saya rasakan, waktu yang disediakan untuk menyelesaikan setiap section tes sangat minim. Jadi, cobalah latihan dengan memperhatikan waktu. Misalnya, untuk reading, tersedia waktu 20 menit per artikel, untuk membaca sekaligus menjawab soal. Kita harus latihan memahami bacaan dalam 10 menit. Setiap bertemu bacaan baru, coba baca dalam 10 menit sambil mencatat poin-poin penting, dan lihat seberapa banyak yang bisa kita pahami. Jangan sambil buka-buka kamus! Lihat kamus belakangan saja…

Untuk listening, gunakan CD audio untuk latihan simulasi. Jangan tergoda pencet rewind kalau ada kalimat yang tidak dimengerti. Anggap saja seperti waktu tes, dengarkan dari awal sampai akhir sambil mencatat poin-poin penting.

Jangan lupa simulasi speaking dan writing juga. Again, time yourself. Khusus untuk bagian speaking, latihanlah sebanyak mungkin. Gunakan Google untuk mencari contoh soal.

3. Organisasi Ide

Menurut saya inilah kunci meraih skor tinggi dalam speaking dan writing.

Sebagai contoh, untuk independent speaking, tipe soal yang paling sering muncul adalah ini:

? And why?

Saran saya, gunakan template jawaban seperti ini.

In my opinion … is better than …

There are two reasons why I think of it that way.

First of all, …



The other reason is…



Tentu saja template tersebut bisa digeneralisasi untuk soal apapun pada bagian speaking. Intinya, jawaban kita harus memiliki struktur:

Ide utama
Argumen #1
Satu/dua kalimat pendukung argumen #1
Argumen #2
Satu/dua kalimat pendukung argumen #2
Kalau bisa, gunakanlah dua argumen saja, jangan lebih dari itu. Berdasarkan pengalaman saya, cara itulah yang bisa menghasilkan jawaban dengan waktu yang pas.

Untuk writing, jawaban kita juga harus memiliki struktur yang jelas. Satu paragraf untuk satu ide, dengan satu kalimat utama, dan 3 atau 4 kalimat pendukung. Organisasi idenya harus rapi!

Supaya struktur organisasi ide dalam jawaban kita lebih terlihat, jangan takut sering menggunakan kata “first of all“, “second of all“, dan seterusnya.

4. Keep It Simple

Ini adalah tips untuk bagian speaking dan writing juga. Daripada menggunakan kata-kata sulit dan struktur kalimat rumit, lebih baik gunakan kata-kata sederhana dan kalimat-kalimat singkat. Tujuannya adalah mengurangi kesalahan dan meraih skor lebih tinggi.

5. Kenali Poin-Poin Penting

Pada bagian reading dan listening, kita disuguhi penjelasan yang panjang tentang suatu topik. Latihan yang cukup akan membantu kita mengenali kalimat mana saja yang penting dalam penjelasan itu. Catat kata kunci pada kalimat-kalimat penting itu (akan disediakan kertas untuk coret-coret di tempat tes).

…..

Yah begitulah tips dari saya. Menurut saya poin-poin di atas cukup untuk persiapan iBT dalam waktu singkat. Sebenarnya, untuk ikut TOEFL iBT kita tidak perlu les lama-lama. Saya banyak mendengar cerita orang yang melewatkan kesempatan beasiswa atau mencari kerja dengan alasan ingin belajar iBT dulu. Padahal, untuk belajar iBT yang kita butuhkan hanya rasa familiar dengan tesnya. Untuk pengetahuan Bahasa Inggris-nya sendiri, saya yakin semua orang sudah belajar bertahun-tahun. Percaya diri saja dengan pengetahuan Bahasa Inggris yang kita punya, kemudian kita tinggal latihan untuk tesnya. Seminggu cukup.

Happy iBT-ing!

Comments

Popular posts from this blog

Sampling

This slides provide you:  1. the definition of sampling  2. sampling frame 3. determining the size of your sample  4. sampling procedure (Probability and non-probability)  Please follow/download the link for the Power Point Slides

Jadwal UTBK 2020 & SBMPTN Terbaru: Pendaftaran Juni, Tes Bulan Juli

Ilustrasi UTBK. FOTO/Istockphoto tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 tetap akan dilaksanakan meski jadwalnya diubah karena dampak pandemi corona (Covid-19).  Hal ini diketahui dari penerbitan surat edaran resmi LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang terbita pada Senin, 6 April 2020.  Melalui surat edaran resmi tersebut, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengumumkan jadwal pelaksanaan UTBK 2020 resmi berubah. Jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 juga berubah. Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020.  Adapun jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 yang terbaru adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020 2. Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020 3. Pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.   Menurut Nasih, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan

Cerita Horor: Sumur Tua SMANDALAS (5)

Cerita Sebelumnya  Sumur Tua SMANDALAS (1)   Sumur Tua SMANDALAS (2) Sumur Tua SMANDALAS (3) Sumur Tua SMANDALAS (4) Matahari seakan enggan terbit di atas langit SMANDELAS. Awan seolah terlihat muram. Suara burung yang biasa berkicau di pepohonan depan kelas, kini seolah menghilang. Hening, hanya rekaman bel pertanda pergantian jam pelajaran yang selalu memecah kesunyian. Lima hari berlalu. Jamal belum diketemukan. Polisi belum juga mendapatkan klue. Sekolah telah berusaha mencari keberadaan Jamal, siang dan malam. Seluruh warga sekolah digerakkan. Tapi belum juga membuahkan hasil yang signifikan. Diko, Rudi, Riko, dan Juno seolah tak lagi mendapat kepercayaan. Setelah kejadian pencarian Jamal di sumur, mereka berempat tak pernah lagi diajak bertukar fikiran untuk mencari keberadaan Jamal. Terkahir kalinya, mereka dimintai keterangan oleh pihak Polres Batanghari. Setelah itu, mereka ditinggalkan.   Namun, Diko malah termotivasi untuk membuktikan bahwa ada