Skip to main content

Hardiknas: Bangkitkan Semangat Belajar dari Rumah


Dion Ginanto
131 tahun silam, tepatnya pada tanggal 2 Mei lahirlah sosok bayi yang hingga kini mewarnai arah pendidikan di tanah air. Sosok itu adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat dari tanah Yogjakarta. Meski terlahir dari keluarga Ningrat, tidak lantas membuat mantan Menteri Pendidikan pertama di Indonesia itu jumawa. Malah sebaliknya, ia ingin menanggalkan gelar kebangsawanannya. Ia ingin mengikis gap antara kaum bangsawan dan jelata. Maka ia memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara. Dengan demikian ia dengan mudahnya bergaul dengan sesiapa, tanpa ada jurang pemisah kasta yang saat itu masih menjadi pembeda.
Perjuangan Ki Hajar Dewantara tentu tidak mudah. Semasa hidupnya ia sering berurusan degan Belanda, menjadi tawanan penjajah, hingga menjalani masa pengasingan. Namun semangatnya untuk memperjuangkan pendidikan di tanah air yang kala itu belum bernama Indonesia, tidak pernah pudar. Api semangat untuk membela tumpah darahnya tak pernah padam.
Tulisan-tulisan yang sangat tajam mengkritisi penjajah sebanding dengan perjuangan mengakat bambu runcing, keris, atau senjata lainnya. Taman Siswa yang ia dirikan bersama rekan sejawatnya sering memperoleh hambatan, rintangan, bahkan acaman dari pemerintah kolonial. Di bawah bayang-bayang hukuman, ia tetap berdiri di garda terdepan memperjaungakan pendidikan yang ia yakini sebagai faktor utama kemajuan Bangsa. Maka tak berlebihan jika kemudian Presiden Soekarno menjadikannya sebagai pahlawan pendidikan, dan mengabadikan tanggal lahirnya sebagai hari pendidikan nasional.
Lalu, sebagai anak cucu pergerakan dan ideologi Ki Hajar, kitapun harus mewarisi semangat memperjuangakan pendidikan. Pandemi Corona bukanlah menjadi alasan untuk tidak belajar. Justru belajar dari rumah dapat memantapkan pendidikan yang tidak diajarkan di sekolah. Syaratnya adalah orangtua harus ikut andil dan aktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan Bangsa, seperti yang dicita-citakan Ki Hajar Dewantara.
Belajar di rumah, memaksimalkan peran orangtua
Ki Hajar Dewantara menganggap penting peran orangtua dalam pendidikan. Baginya, pendidikan pertama bagi anak adalah bersumber dari keluarga. Oleh karenanya, pandemi Corona yang melanda hampir seluruh belahan dunia bukanlah menjadi masalah, ketika orangtua dapat memaksimalkan perannya di rumah. Pendiri Taman Siswa ini berpendapat ada tiga peran orangtua sebagai pendidik di keluarga: penuntun, pengajar, dan pemberi contoh (Suprihoko, dalam Janika, 2017).
Sebagai penuntun, peran orang tua tidak boleh dikesampingkan. Pada peran inilah, karakter anak dibentuk. Oleh karenanya, sebisa mungkin orangtua harus berusaha menutupi keburukannya di hadapan anak-anaknya, serta menggantikan dengan budi pekerti luhur.
Masa Pandemi Corona sangat memberi ujian tersendiri baik orangtua dan anak. Anak merasa bosan berada di rumah terus menerus, sementara orangtua pun merasakan hal yang sama. Apalagi, tentu Corona berimbas pada perekonimian keluarga.
Namun, justru dengan ujian inilah, karakter orangtua dan anak dapat terbentuk. Orangtua harus tetap berfikir jernih serta yakin bahwa dengan pengorbanan mendidik anak di rumah semasa Corona akan berbuah manis pada waktunya.
Agar proses pendidikan di saat wabah Corona efektif, maka orangtua dan anak harus bersama-sama membuat kesepakatan target dan jadwal belajar di rumah (Ginanto, 2020). Meski orang tua mempunyai kendali atas anak di rumah, namun anak tidak boleh ditinggalkan dalam setiap keputusan keluarga, termasuk aturan di rumah selama Karantina.
Peran kedua menurut salah satu anggota Tiga Serangkai ini, adalah orangtua sebagai pengajar. Inilah mengapa Ki Hajar juga sangat concern pada pendidikan perempuan. Karena pada akhirnya, Ibu adalah sebagai muara pengajaran pada anak-anak mereka. Ki Hajar mempunyai pendangan bahwa guru atau pengajar terbaik anak adalah Ibu di rumah, karena Ibu memiliki ikatan emosional yang tinggi serta mengetahui karakter anak, sehingga anak lebih mudah memahami karena telah memiliki bonding dengan ibu ketimbang dengan bapak (Rahardjo, 2009).
Oleh karenanya, peran emak-emak sangat penting untuk minimal mendampingi anak ketika mereka melaksanakan pendidikan daring. Ibu dibantu dengan Ayah harus bersedia membantu apabila anak mempunyai tugas atau PR dari guru, serta mengarahkan untuk mencari sumber ketika mereka tidak mampu menjawab atau mengerjakan tugas dari guru. Teknologi yang serba canggih menjadi keuntungan bagi orangtua masa kini, tinggal bagaimana orangtua dapat mengarahkan pada sumber yang tepat bagi anak dalam mengarjakan tugas selama belajar dari rumah.
Peran orangtua yang ke-tiga adalah sebagai pemimpin pekerjaan atau pemberi contoh. Anak dapat dikatakan sebagai prototype orangtua. Karena bagi anak, ibu adalah cinta pertamanya. Serta Ayah adalah pelindung dan panutan pertama bagi mereka. Sehingga setiap gerak langkah orangtua selalu direkam dan ditiru oleh anak.
Oleh karena itu, masa work from home orang tua harus memberi contoh bagaimana seharunya bekerja atau belajar dari rumah. Orangtua tidak boleh cuek atau acuh terhadap pekerjaan anak. Sesibuk apapun ibu di dapur, serepot apapun ayah mencari nafkah, harus tetap memberikan slot waktu untuk dapat bekerja sama dan bermain dengan anak.
Selain itu, work from home juga dapat dijadikan sebagai pendidikan informal bagi anak. Ibu dapat mengajari anak untuk memasak, mencuci piring, mencuci baju, serta urusan rumah tangga lainnya. Inilah saatnya Ibu dapat mengajarkan untuk memberi tanggungjawab pada anak.
Ayah dapat juga mengajarkan anak pekerjaan-pekerjaan yang dapat menghasilkan income. Atau pekerjaan teknis seperti servis mesin motor, mencuci motor atau mobil, membuat kerajianan kayu, membuat kola mikan, dll.  Momen bekerja dan belajar dari rumah dapat mengajarkan anak life skill yang tidak diajarkan di sekolah. Dengan demikian, selesai wabah Corona, anak akan mendapatkan nilai-nilai dan modal yang lebih kuat untuk terjun di gelanggang dunia nyata nantinya.
Ketika orangtua telah bersemangat dalam mendukung proses belajar mengajar di rumah, tinggal sekolah dan pemerintah dapat memaksimalkan perannya dalam peningkatan kerjasama rumah dan sekolah. Di antaranya, guru tidak perlu memberikan tugas yang terlalu banyak dan bersumber dari LKS dan LKS dan LKS.
Guru hendaknya memberikan tugas yang memadukan antara pendidikan kognitif dan non-kognitif, sehingga orangtua dapat dengan mudah mendampingi anak dan membantu tugas-tugas anak dari sekolah. Sekolah juga tidak perlu memaksakan untuk video call menggunakan zoom atau piranti lain yang mengabiskan kuota internet, guru dapat memanfaatkan platform WhatsApp (WA) yang cendurung murah dan efektif.
Intinya, belajar dari rumah tidak perlu menuntut ketuntasan kurikulum, yang lebih penting adalah masa karantina ini dapat mengajarkan pada anak untuk dapat mengasah keterampilan berfikir kritis, berakhlak mulia, dan keterampilan hidup yang dibutuhkan anak ketika terjun di masyarakat kelak. Tentu, peran orangtau sangat vital untuk mewujudkannya.
Ratusan tahun yang lalu, Ki Hajar Dewantara telah mewanti-wanti pentingya peran orantua dalam pendidikan. Hingga majalah Wasita (majalah terbitan Taman Siswa) mempunyai kolom tersendiri yang berisi kabar untuk orangtua, serta informasi-informasi yang penting guna memaksimalkan peran pengajaran dan pendidikan anak di rumah. Majalah Wasita adalah ikhtiar yang dibuat oleh Ki Hajar untuk me-reach out orantua dari sekolah. Sekolah saat ini, hendaknya meniru langkah Taman Siswa yang selalu memberi informasi dan selalu aktif berkomuniasi dengan orangtua meski saat itu teknologi/informasi  masih sangat terbatas.
Selamat hari pendidikan nasional, selamat hari lahir Ki Hajar Dewantara. Mari kita tingkatkan lagi semangat belajar di rumah. Sebagaimana salah satu fatwa Ki Hajar: “Lawan Sastra Ngesti Mulya” yang artinya dengan ilmu kita menuju kemuliaan. Juga pesan Ki Hajar yang sangat terkenal "Setiap kita adalah guru, dan setiap rumah adalah sekolah". Kita efektifkan lagi komunkasi sekolah dan rumah, rumah dan sekolah. Sehingga ketika saatnya sekolah tiba, putra-putri kita terlahir menjadi putra-putri yang baru; yang lebih tinggi akhlaknya, yang lebih kritis berfikirnya, dan lebih terampil dalam skill bermasyarakat. Dirgahayu Pendidikan Indonesia.  



Comments

Popular posts from this blog

Sampling

This slides provide you:  1. the definition of sampling  2. sampling frame 3. determining the size of your sample  4. sampling procedure (Probability and non-probability)  Please follow/download the link for the Power Point Slides

Jadwal UTBK 2020 & SBMPTN Terbaru: Pendaftaran Juni, Tes Bulan Juli

Ilustrasi UTBK. FOTO/Istockphoto tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 tetap akan dilaksanakan meski jadwalnya diubah karena dampak pandemi corona (Covid-19).  Hal ini diketahui dari penerbitan surat edaran resmi LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang terbita pada Senin, 6 April 2020.  Melalui surat edaran resmi tersebut, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengumumkan jadwal pelaksanaan UTBK 2020 resmi berubah. Jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 juga berubah. Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020.  Adapun jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 yang terbaru adalah sebagai berikut: 1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020 2. Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020 3. Pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.   Menurut Nasih, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan

Cerita Horor: Sumur Tua SMANDALAS (5)

Cerita Sebelumnya  Sumur Tua SMANDALAS (1)   Sumur Tua SMANDALAS (2) Sumur Tua SMANDALAS (3) Sumur Tua SMANDALAS (4) Matahari seakan enggan terbit di atas langit SMANDELAS. Awan seolah terlihat muram. Suara burung yang biasa berkicau di pepohonan depan kelas, kini seolah menghilang. Hening, hanya rekaman bel pertanda pergantian jam pelajaran yang selalu memecah kesunyian. Lima hari berlalu. Jamal belum diketemukan. Polisi belum juga mendapatkan klue. Sekolah telah berusaha mencari keberadaan Jamal, siang dan malam. Seluruh warga sekolah digerakkan. Tapi belum juga membuahkan hasil yang signifikan. Diko, Rudi, Riko, dan Juno seolah tak lagi mendapat kepercayaan. Setelah kejadian pencarian Jamal di sumur, mereka berempat tak pernah lagi diajak bertukar fikiran untuk mencari keberadaan Jamal. Terkahir kalinya, mereka dimintai keterangan oleh pihak Polres Batanghari. Setelah itu, mereka ditinggalkan.   Namun, Diko malah termotivasi untuk membuktikan bahwa ada